Ini Dia Program Kegiatan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar yang Dibahas Dalam Rakerda 2018

Jumat, 30 Mar 2018 | 11:18:51 WIB


Ini Dia Program Kegiatan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar yang Dibahas Dalam Rakerda 2018

pramukasumbar.com -- "Agar pelaksanaan Program kegiatan kepramukaan Sumbar, Kwartir Daerah sudah mempersiapkan sejumlah program unggulan. Kegiatan tersebut lebih diarahkan untuk pembinaan generasi muda atau peserta didik Gerakan Pramuka serta untuk Orang Dewasa atau Pembina," ujar Kak Wahyudi Agus, Waka Kwarda Bidang Humas dan Teknologi Informatika.

Diantaranya adalah melaksanakan Giat Prestasi pada peringatan Hari Pramuka pada 14 Agustus 2018 mendatang, Mengikuti Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus atau PPBK tingkat Nasional di Cibubur Jakarta, dan Mengikuti Perkemahan Bela Negara Nasional di Nunukan, Kalimantan Utara pada bulan Mei 2018. Program tersebut di laksanakan oleh Bidang Pembinaan Anggota Muda.

Sementara untuk Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, direncanakan akan ada Karang Pamitra Daerah, Kursus Pengelola Dewan Kerja se Sumatera Barat. Kemudian menggelar Kursus Mahir Dasar bagi guru Sekolah Luar Biasa. Selanjutnya mengikuti Karang Pamitran Nasional di Lebakharjo, Malang Jawa Timur, Agustus mendatang.

Kak Wahyudi Agus atau biasa dipanggil Kak Yud ini menambahkan, untuk Bidang Organisasi dan Hukum, sejumlah kegiatan pun sudah disusun, dengan jumlah 15 kegiatan. Yang paling menonjol adalah melaksanakan Kursus Manajemen Kwartir Gerakan Pramuka pada Mei ini, pemberian penghargaan orang dewasa pada September, serta Munas Gerakan Pramuka pada Oktober nanti.

Untuk Bidang Kesakaan dan Lingkungan Hidup, juga bakal dilakukan Pembentukan Pimpinan Daerah Satuan Karya atau Saka yang baru pada April ini. Seperti Saka Widya Budaya Bhakti, Saka Pariwisata dan Saka Kalpataru. Kemudian Kursus Pamong Saka pada Juli, dan kegiatan Pembinaan Gudep berwawasan lingkungan di April tahun ini.

" Sementara untuk bidang Humas san Teknologi Informatika, kita akan melaksanakan Pelatihan Jurnaliatik dan Media Sosial di bulan April. Kemudian, melaksanakan Jambore On The Air atau JoTA dan Jambore On The Internet tingkat daerah dan mengikuti untuk tingkat nasional pada Agustus 2018," papar Kak Yud.

Untuk Bidang Usaha, Dana, Sarana dan Prasarana, Kwarda 03 Sumbar sudah menyusun kegiatan mengoptimalkan Unit Usaha Kwarda ( Kedai, Penginapan/aula, dan Buper). Kemudian untuk bidang Abdi Masyarakat dan Siaga Bencana, melaksanakan Seleksi Satgas dan sosialisasi Pramuka Peduli, Edukasi Siaga Bencana dan Bhakti Pramuka Peduli. Juga bakal ada Bhakti Sosial dalam peringatan Hari Pramuka 14 Agustus 2018 nanti.

Sedangkan untuk Bidang Penelitian Pengembangan dan Kerohanian atau Litbang, melaksanakan pembentukan Puslitbangda, melakukan pelatihan Satgas Kerohanian. Penelitian Syarat Kecakapan Khusus bagi Pramuka Berkebutuhan Khusus.

" Yang paling menonjol di kegiatan Bidang Litbang dan Kerohanian adalah tahun ini kita juga menggelar Persiapan Pesantren Ramadhan Berbasis Pramuka, pada Ramadhan tahun ini" tambah Kak Yud lagi.

Seluruh program masing masing bidang tersebut bakal dibahas di hari kedua Rakerda pada Kamis ini. Hasil dari Rakerda berupa rekomendasi kegiatan yang harus dijalankan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka 03 Sumbar sebagai pelaksana amanat peserta Rakerda. (Tsp-A)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 932 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *