Sabar AS bertekad bawa Pramuka menuju kwarcab tergiat di Sumatera Barat

Jumat, 09 Jun 2023 | 03:45:00 WIB


Sabar AS bertekad bawa Pramuka menuju kwarcab tergiat di Sumatera Barat

Sabar AS ketua Kwarcab Pasaman membuka secara resmi orientasi Kamabigus dan Sosialisasi pakaian pramuka di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Senin.

Sabar AS dalam sambutannya mengatakan bahwa ia bangga dengan seluruh peserta yang menghadiri acara tersebut.

Ia melihat peserta dengan penuh semangat dan antusias serta optomisme atas kebangkitan Gerakan Pramuka di ranah Equator Pasaman dalam pembinaan generasi muda untuk meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia.

"Terima kasih, saya bangga atas semangat yang kakak-kakak perlihatkan," ungkap Sabar AS.

Sabar AS menambahkan Eksistensi Gerakan Pramuka sangat dibutuhkan dalam menciptakan generasi unggul yang berdaya saing sebagai estapet pemimpin umat dan bangsa di masa depan, sesuai amanat UU no 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan sesuai dengan Konsep Merdeka Belajar.

Generasi muda yang memiliki karakter mulia, akhlak mulia dan punya keterampilan serta berilmu pengetahuan.

Oleh sebab itu tambah Sabar AS, diperlukan terus menerus peningkatan kuantitas dan kualitas anggota dewasa Gerakan Pramuka dengan berbagai upaya dalam bentuk pendidikan dan pelatihan seperti yang diadakan saat ini, termasuk kegiatan KPN/Karang Pamitran Nasional, KMD dan lainnya, guna menghadirkan para Pembina yang tangguh dalam menciptakan generasi unggul.

Sabar AS juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kwarcab Pasaman atas dukungan dan semangat selama ini, yang mengakibatkan banyak prestasi yang sudah diperoleh.

"Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan kita bersama dimana banyak prestasi yang sudah kita wujudkan diantaranya baru-baru ini juara umum II dan III pada kegiatan lomba 4 kwarda Sumatera Barat, yang merupakan tiket untuk ikut serta ke Kalimantan Selatan," ungkap Sabar AS.

Ir. Ulul Azmi,ST.,IPP Wakil Ketua Sarana dan Prasarana Kwarcab 0308 Pasaman Selaku ketua panitia kegiatan ini menyampaikan, Kegiatan ini adalah salah satu program dalam rangka sosialisasi Seragam Terbaru Pramuka Berdasarkan PERMENDIKBUD NOMOR 50 TAHUN 2022.

"Seragam pramuka sebagai lambang dan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, warna, dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka," kata Ulul.

Pihaknya lewat acara ini juga berupaya sinergisitas antara Kwarcab dan Ka.Mabigus SD,SLTP dan SLTA Sekabupaten Pasaman sebagai garda terdepan pengembangan Kepramukaan.

"Orientasi Singkat gerakan Pramuka yang bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan. Dan juga dalam kegiatan ini dihadiri oleh peserta lebih kurang 350 Orang," tutupnya.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 576 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *