Sidparnas Rekomendasikan Pembentukan Pokja
Siapkan Musppanitra di Kendari Sulawesi Tenggara

Sabtu, 24 Feb 2018 | 14:53:21 WIB


Sidparnas Rekomendasikan Pembentukan Pokja

BOGOR –- Sidang Paripurna Nasional (Sidparnas) sepakat agar Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk mempersiapkan Musyawarah Pramuka Penega k dan Pandega Putri Putra (Muspanitra) yang rencananya akan diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara akhir 2018.

Ketua DKN Kak Yudha Adhyaksa mengatakan, Pokja itu nantinya akan bertugas membuat rencana strategi, rencana kerja, sesuai dengan kebutuhan Pramuka Penegak dan Pandega ke depannya. Pokja ini pesertanya akan diwakili dari masing-masing Dewan Kerja per wilayah, yakni Sumatera, Jawa Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTT NTB, dan Maluku.

“Mereka akan membahas mengenai strategi pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega ke depannya. Itu nantinya yang akan menjadi pembahasan di Muspanitra 2018,” ujar Kak Yudha di Cisarua, Bogor, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya, Pokja ini dibuat karena pembahasan mengenai rencana kerja, rencana strategi pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega tidak akan maksimal diselesaikan di Sidparnas melalui sidang Komisi B. Karenanya perlu adanya Pokja, sehingga pada saat Muspanitra nantinya, perencanaan pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega sudah matang.

“Kenapa Pokja karena pembahasan itu tidak akan selesai di sidang Komisi B. Dan kita ingin Dewan Kerja sudah punya perencanaan strategi yang matang untuk pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega pada saat Muspanitra,” jelasnya.

Lebih lanjut Kak Yudha mengatakan, perencanaan itu nantinya akan menjadi turunan atau panduan Gerakan Pramuka dari tingkat pusat sampai Gugus Depan. Pokja ini baru ada di masa kepengurusan DKN periode 2013-2018. Rencananya mereka akan mulai aktif bekerja pada bulan depan Maret. “Kita ingin Pokja ini dirasakan manfaatnya sampai Gugus Depan,” jelasnya.

Sebelumnya memang rencana pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega dirumuskan DKN untuk di bawa ke Muspanitra. Namun kali ini kata Kak Yudha, pihaknya ingin melibatkan semua unsur DKD untuk ikut serta merumuskan bersama. Karena dengan Pokja ini nantinya akan banyak masukan dari berbagai persoalan yang akan dirumuskan solusinya. (Tsp/Rel)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 490 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *