Wagub Sumbar Serahkan Penghargaan Anggota Gerakan Pramuka

Jumat, 26 Jan 2018 | 14:20:11 WIB


Wagub Sumbar Serahkan Penghargaan Anggota Gerakan Pramuka

Upacara peringatan Hari Pramuka ke-56 tingkat Sumbar tahun 2017 dipusatkan di Camping Ground Kandi Kota Sawahlunto, Senin (11/9).Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit selaku pembina upacara di hadapan lebih dari 2000 peserta membacakan sambutan Kakwarnas Pramuka Adhyaksa Dault.

Wagub usai upacara kepada Haluan mengajak jajaran pramuka di Sumbar untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan kepramukaan.

Upaya yang harus dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelatih dan pembina pramuka. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menyediakan dana memadai. Sebab tanpa ketersediaan dana yang cukup pastilah kegiatan kepramukaan akan terseok-seok.

Makanya wagub mengajak pimpinan daerah memberikan perhatian yang lebih tinggi lagi dalam menyediakan anggaran pramuka terutama dalam APBD.

Wagub meyakini kegiatan kepramukaan salah satu sarana yang cukup handal membentengi kaum muda dalam menghadapi tantangan hidup. Kegiatan kepramukaan diyakini mampu membentuk karakter anak bangsa.

Sementara itu Kakwarnas Adhyaksa Dault dalam sambutan tertulisnya dibacakan wagub juga mengajak para pimpinan daerah memberikan dana secara kontinyu untuk aktivitas gerakan pramuka. Sebab banyak daerah dan cabang yang masih sangat minimal mendapatkan dana dari APBD maupun APBN.

Disamping itu dipenghujung masa jabatannya selaku Kakwarnas Adhyaksa mengajak para orangtua dan guru tak ragu-ragu dan publik secara umum memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putera-puterinya mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan.

Pj. Ketua Kwarda Sumbar Yulius dalam sambutannya berharap perhatian pemerintah daerah di Sumbar untuk tetap memberikan perhatian yang tinggi terhadap kemajuan gerakan pramuka. Khusus untuk Pemko Sawahlunto Yulius menyampaikan apresiasi tinggi terhadap gerakan pramuka di Kota Wisata Tambang.
Kepada Wagub, Yulius menyampaikan rasa salutnya atas perhatian terhadap kegiatan kepramukaan meskipun dalam suasana kesibukan tugas-tugas sehari sebagai Wagub.

Wali Kota Ali Yusuf dalam sambutannya meyakini pramuka mampu membentuk kader pemimpin bangsa. Buktinya Ali Yusuf sendiri yang merupakan anggota pramuka sejak SD. Makanya Pemko Sawahlunto selalu memberikan perhatian sungguh-sungguh dalam memajukan gerakan pramuka.

Dalam upacara dihadiri Pj.Kakwarda Sumbar Yulius, Sekretaris, Andri Yusran, Bendahara Amrel Amir, pimpinan, andalan daerah pramuka Sumbar, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Kakwarcab Sawahlunto Ismed, pimpinan dan andalan kwarcab se- Sumbar dan undangan lainnya wagub menyerahkan sejumlah tanda penghargaan gerakan pramuka.

Lencana Melati untuk Ali Yusuf dan Zulhikmi (Ketua Harian Kwarcab Limapuluh Kota). Darma Bakti, Ismed dan Yeni Yuliza (Andalan Kwarda Sumbar). Pancawarsa Utama dianugerahkan kepada Azwar Arief (andalan Kwarda Sumbar) dan Zailukman (Sekretaris Mabicab Pariaman).
Pancawarsa IV Candrianto (Kapusdiklatda Kwarda Sumbar) dan Syofyan Effendi. Pancawarsa II untuk Wahyudi Agus (Humas Kwarda Sumbar yang juga Reporter TvOne) dan Syaifuddin (Pelatih Pembina Pramuka Kwarcab Padang).

Sehari sebelum Hapram Kwarcab Sawahlunto menggelar Lomba Pramuka antara SD/MI tingkat Kwarran diikuti sekitar 1300 peserta.

Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Ritu Karyanto kepada Haluan menuturkan selama dua hari tersebut murid-murid SD/MI dari empat kwartir ranting, Lembah Segar, Talawi, Barangin dan Silungkang mengikuti serangkaian lomba. Dikatakannya tujuan utama lomba bukanlah mencari juara, namun dimaksudkan sebagai ajang pembentukan karakter kaum muda sedini mungkin.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 394 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *