Keren, Bawaslu Rangkul Pramuka Agam Untuk Pengawasan Pemilu 2019

Rabu, 03 Okt 2018 | 12:35:15 WIB


Keren, Bawaslu Rangkul Pramuka Agam Untuk Pengawasan Pemilu 2019

Lubuk Basung -- Bawaslu kabupaten Agam menjalin kerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0306 Agam, pembentukan Satuan Karya Adhyasta Pemilu di Sekretariat Kwarcab Agam, Lubuk Basung, Selasa (2/10). Pembentukan bertujuan untuk membantu pengawasan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Tahapan pengawasan dimulai dari 2018 ini.

Seperti yang dilansir oleh www.prokabar.com Saka Adhyasta Pemilu bagi generasi muda mengukuhkan sikap hidup tertib, disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku. Sehingga generasi muda dapat menjadi pengawasan dan menangkal timbulnya potensi pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Agam diwakili Okta Muhlia, saat pertemuan rapat koordinasi di Sekretariat Kwarcab Agam, menjelaskan tujuan menjalin kerjasama itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Kegiatan ini akan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota pramuka khususnya,” kata Okta.

Pengurus kwartir, Bidang Kesektetariatan, Khirul sangat menyetujui pembentukan Saka Adhyasta Pemilu dengan melakukan rangkaian kegiatan sesuai krida yang ada. Sasaran diantaranya memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula yang telah ambil bagian dalam pesta demokrasi 2018 dan 2019 mendatang.

Terlibatnya Saka Pramuka, diharapkan dapat mendorong pemilu berintegritas. Sebab keikutsertaan anggota pramuka mengawal pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan.

“Mereka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga harapan kita bersama Saka Adhyasta Pemilu yang dicanangkan, dapat mengawal demokrasi berkualitas dan bermartabat,” tutupnya.(rud/www.prokabar.com)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 329 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *