SMKN 4 Sijunjung Terapkan Dasa Darma Kedua Melalui Hiking

Jumat, 29 Mar 2019 | 08:11:39 WIB


SMKN 4 Sijunjung Terapkan Dasa Darma Kedua Melalui Hiking

Dalam rangka meningkatkan rasa kecintaan anggota pramuka terhadap alam dan lingkungan sesuai dasa dharma kedua, Ambalan putra-putri ranah sakato adaik yang berpangkalan di SMK Negeri 4 Sijunjung mengadakan kegiatan hiking. Tujuan lokasi kegiatan hiking adalah air terjun Murai Barangin yang terletak di Nagari Sungai Lansek Kec.Kamang Baru, Kab.Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini diikuti oleh anggota ambalan putra-putri ranah sakato adaik SMK Negeri 4 Sijinjung kelas X dan XI,  pembina, pelatih, serta Kamabigus SMK Negeri  4 Sijunjung selaku Kepala Sekolah, Sabtu (23/3).
Sebagai wujud pelaksanaan program kerja yang telah dirancang oleh Dewan Ambalan periode 2018/2019, kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang rekreasi dan refreshing serta menambah wawasan dan pengetahuan peserta tentang kepramukaan.
Selaku Kamabigus SMK Negeri Sijunjung, Drs.Asril.MM mengungkapkan bahwa pramuka adalah ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti oleh siswa dan ia sangat senang dengan kegiatan ini “saya sangat senang dengan kegiatan hiking ini. Semoga peserta dapat belajar dari alam sekitar, seperti pepatah minang alam takambang jadi guru artinya, kita bisa belajar banyak hal dari alam sekitar,” ungkapnya. Lebih lanjut, Asril berharap peserta dapat mengikutinya kegiatan ini dengan baik.
Peserta yang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan materi navigasi darat meliputi cara menggunakan kompas, mengukur kecepatan arus sungai dan membuat bivak alam. Diakhir kegiatan peserta melakukan sesi foto bersama. Meski melewati track perjalanan yang sulit dan melelahkan peserta kegiatan tampak sangat antusias dan bersemnagat.
    Salahsatu peserta kegiatan Putri mengatakan bahwa perjalanan ini mengajarkan agar kita tidak boleh menyerah ditengah jalan “jangan menyerah, sebab kita tak pernah tau hal indah yang menanti diujung jalan,” ujarnya.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 414 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *