Kontingen Sumbar Targetkan Jadi Terbaik Dikancah Nasional

Selasa, 13 Agu 2019 | 11:05:32 WIB


Kontingen Sumbar Targetkan Jadi Terbaik Dikancah Nasional

Pramukasumbar.com - Padang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bekerjasama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) adakan kegiatan Pembinaan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik berkebutuhan khusus berbasis Pramuka tingkat nasional tahun 2019 pada 13-16 Agustus 2019 di BUPERTA Cibubur Jakarta. Adapun yang menjadi peserta pada gelaran ini Anggota Pramuka berkebutuhan khusus tingkat Penggalang dan Penegak dari 34 provinsi se-Indonesia. Untuk menghadiri kegiatan tersebut, Kwarda Sumbar bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar adakan seremonial pelepasan kontingen Sumbar pada Senin 12/8 di Aula Kwarda Sumbar.

Kak Irman yang merupakan Wakil Ketua Bina Muda Kwarda Sumbar dalam sambutannya menyampaikan, agar adik-adik peserta pada kegiatan nantinya harus disiplin dan menampilkan yang terbaik. "Adik-adik dilapangan harus disiplin dan selalu kompak satu sama lain. Pada kegiatan PPK 2019 ini kita inginkan kontingen Sumbar bisa menjadi kontingen terbaik, untuk itu keluarkan semua kemampuan terbaik adik-adik" ungkap Kak Irman.

Kak Irman yang juga Kabid Pembinaan Sekolah Luar Biasa Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar menegaskan, agar para pembina pendamping sangat memperhatikan peserta didik. "Saya yakin kakak-kakak pembina yang mendampingi adik-adik dilapangan sudah berpengalaman, saya berpesan agar kakak memperhatikan kondisi adik-adik terutama kesehatan dan psikologi mereka" tegas Kak Irman. Selepas acara pelepasan Kak Irman juga menceritakan pengalamannya disaat pernah mendampingi kegiatan Pramuka berkebutuhan khusus. Dia melihat kegiatan Pramuka sangat membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa lebih mandiri dan bersosialisasi dengan lingkungan. "Nanti adik-adik akan dapatkan pengalaman, pengetahuan dan ilmu dari acara tersebut. Harapan kita sepulang dari kegiatan mereka bisa berbagi kepada teman disekolah dan pastinya mereka yang ikut bisa lebih mandiri" ucapnya.

Sumatera Barat pada gelaran tahun ini mengirim peserta didik dan pembina pendamping sebanyak 24 orang. Pada kegiatan PPK 2019 tahun ini panitia menyiapkan konsep acara yang menarik dan menantang serta juga ada perlombaan sebanyak 4 cabang.

Kak Miki Indra M yang sehari-hari bertugas di SLB N 1 Pariaman yang ikut mendampingi kontingen menyampaikan, pada kegiatan ini kita menargetkan berprestasi ditingkat nasional. " Dalam gelaran PPK tahun ini kita akan menampilkan kemampuan terbaik. Kita menargetkan untuk kegiatan perlombaan menjadi kontingen terbaik" ucap Kak Miki

Andalan Daerah Kwarda Sumbar  tersebut menambahkan, peserta terdiri dari berbagai SLB se-Sumbar. "Personil yang berangkat terdiri dari SDLB 4 orang, SMPLB 4 orang dan SMALB 4 orang. Peserta didik Tuna Netra 2 orang, Tuna Grahita dan Tuna Rungu masing-masing 5 orang" tambah Kak Miki. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Sumbar dan Ketua Kwarda Sumbar yang telah memfasilitasi kontingen Sumbar untuk mengikuti kegiatan Nasional tersebut.

Secara terpisah Kak Amrel mengatakan Kwarda dalam hal ini memberikan dukungan penuh untuk kontingen Sumbar. "Dalam hal ini Kwarda mendukung penuh kontingen dalam mengikuti kegiatan tingkat Nasional tersebut.  Kwarda mengutus Kak Rosi yang merupakan Andalan Daerah urusan Pramuka berkebutuhan khusus untuk mendampingi kontingen selama kegiatan berlangsung. Kita menginginkan selama di Cibubur nanti semua berjalan lancar, sesuai dengan rencana dan harapan kita bersama" tutup Kak Amrel.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 1241 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *