PEMBINA PANDEGA HARUS MAMPU MENGANGKAT ENERGI DARI PESERTA DIDIKNYA.

Minggu, 17 Mar 2019 | 14:38:52 WIB


PEMBINA PANDEGA HARUS MAMPU MENGANGKAT ENERGI DARI PESERTA DIDIKNYA.

JAKARTA - Sebanyak 31 peserta perwakilan 24 Kwartir Cabang dari 15 Kwartir Daerah Se-Indonesia mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Golongan Pandega di Aula Gedung Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Senin sore 7/01/19.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Waka Binawasa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Prof. Suyatno. Hadir dalam acara pembukaan KML Golongan Pandega, Perwakilan dari Andalan Nasional Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Pelatih Pembina Pusdiklatnas Pramuka.

Dalam sambutannya, Kak Suyatno menyampaikan pesan dari Ka Kwarnas Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, siapa pun yang menyandang predikat pembina Mahir, pada hakekatnya tidak boleh menanggalkan dan meninggalkan fungsinya dalam berposes bersama peserta didik, karena dalam proses pendidikan bersama Peserta didik itu, seorang pembina mahir akan memiliki kekayaan perbendaharaan mengenai kepramukaan. “ Menjadi seorang pembina itu tidak mudah, karena seorang Pembina Pandega seperti kakak-kakak yang ikut KML Pandega ini ketika pulang ke daerahnya harus menjadi seorang pembina yang handal dan memiliki energi yang besar “ ujar Kak Suyatno.
Beliau menambahkan bahwa Pembina Pandega adalah orang yang mampu mengangkat energi yang besar dari peserta didiknya.
Kak Suyatno yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional Gerakan Pramuka menegaskan bahwa, “Jika Pembina Pandega tidak memiliki energi yang besar maka jangan berharap bisa menggerakan para peserta didik (pandega) untuk memajukan Pramuka”. Diharapkan dengan adanya kegiatan KML Golongan Pandega yang berlangsung 7-13 Januari 2019 akan melahirkan pembina pandega baru yang mampu membawa perubahan yang signifikan untuk kemajuan Pramuka dimasa datang. (Dok.foto: Humas Kwarnas/kak Yudhi)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 200 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *