Pramuka Peduli Kwarda Sumbar Serahkan Bantuan

Senin, 30 Des 2019 | 07:35:52 WIB


Pramuka Peduli Kwarda Sumbar Serahkan Bantuan

Solok Selatan -- Pasca banjir bandang dan tanah longsor (galodo) yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Solok Selatan Pramuka Peduli Kwarda 03 Sumatera Barat memberikan bantuan kepada para korban pada 27-29 Desember 2019.

Melalui koordinasi dengan Kwarcab Solok Selatan. Tim yang dipimpin oleh Kak Yuliarman selalu Ketua Bidang Pengabdin Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) menyalurkan bantuan kepada warga di beberqpa jorong di Kecamatan Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.

Pada 27/12 tim melakukan rapat asesmen dengan Kwarcab Solok Selatan di Rumah Gadang Malayu, Koto Baru Solok Selatan. Turut hadir jajarna pimpinan dan andalan serta DKC Solok Selatan.

Bantuan yang diberikan berupa satu paket peralatan sekolah, diantaranya seragam sekolah untuk SD, alat tulis, tas sekolah, dan tumblr minum. Bantuan yang diberikan ini dipandang sangat penting, karena terkait dengan semester genap pada sekolah akan di mulai pada 02 Januari 2020 mendatang.

Jorong Kampung Palak, Pasar Baru, Kecamatan Muara Labuh (28/12) menjadi lokasi pertama yang dituju oleh tim. Bergerak dari lokasi pertama, tim menuju Kampung Tarandam Bawah guna menyalurkan bantuan.

Setelah 2 lokasi ini, tim berpindah ke Kecamatan  Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), tepatnya di pinggiran Batang Suliti, Jorong Sungai Bandang, terdapat 5 Unit rumah yang hanyut dan 1 rumah rusak berat akibat banjir bandang.

Titik pembagian bantuan ke 4, yaitu berlokasi di SDN 19 Jorong Sapan Salak dan Jorong Manggih Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan yang lebih di kenal dengan daerah Pinti Kayu. Daerah ini merupakan perbukitan dengan hutan yang sangat lebat. Daerah ini menjadi salah satu daerah muara dari longsor yg terjadi beberapa waktu yang lalu.

Jorong Kiambang, Koto Baru, Muara Labuh salah satu Jorong yang dekat dengan Kawasan Saribu Rumah Gadang turut dilanda banjir bandang kala itu. Sebagai penutup pada aksi Pramuka Peduli kali ini, tim membagikan paket bantuan pada siswa sekolah dasar di Jorong tersebut.

"Harapan kita bersama, sedikit banyak yang kita berikan dapat bermanfaat bagi Adik-adik kita di sini. Karena bencana yang datang juga berasal dari kita manusia yang tidak awas dengan alam. Jadi, sudah selayaknya kita menjaga bersama, kita lestarikan bersama, agar tidak terjadi kerugian seperti adanya sekarang ini" Tutur Kak Yuliarman setelah pembagian bantuan di Jorong Kiambang sore ini.

Dalam rombongan, turut hadir Andalan Abdimasgana, Andalan Humas, Staff, DKD, dan anggota Pramuka Peduli Kwarda 03 Sumbar, dan tim saat ini sudah bergerak kembali ke Padang.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 336 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *