Kwarcab 0304 Tanah Datar Laksanakan Rapat Kerja 2018

Selasa, 18 Sep 2018 | 17:02:28 WIB


Kwarcab 0304 Tanah Datar Laksanakan Rapat Kerja 2018

Ketua Kwartir Daerah 03 Sumatera Barat Kakak Yulius, ST membuka Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar, Jum'at (14/09) bertempat di Hotel Sumpur Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar. Hadir pembukaan tersebut Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Dinas Parpora Kakak Deddy Prihatin, S.Kom, Dandim 0307/TD Kakak Letkol Inf Edi Sugianto Harahap, S.Pd, MI.Pol, Kapolres Tanah Datar AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas, SH, Kepala Sekretariat Kwarda 03 Sumbar Kakak Alwis, S.Ag, Ka. Kwarcab Kakak Anton Yondra, SE, Ketua Harian Kwarcab Drs. Abrar, Jajaran Pengurus Kwarcab dan DKC.

Kegiatan Rakercab ini diikut serta oleh Kamabiran, Ka. Kwarran, Andalan Ranting dan DKR se-Kabupaten Tanah Datar. Dimana setiap Kwarran terdiri atas 5 orang utusan kwarran.

"Kondisi saat ini, nilai dan minat terhadap pramuka sudah mulai pudar dan dianggap kuno di kalangan generasi muda, terutama era gejet dan android. Untuk itu mari kita bersama-sama kembali merancang dan mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan ke pramukaan di tingkat kwartir nasional, daerah, cabang, ranting dan gugus depan" :  tutur Kak Yulis dalam sambutan pembukaan.

Pada pembukaan rakercab tersebut juga diisi dengan materi umum oleh Kakak AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas, SH Kambisaka sekaligus unsur Mabicab tentang Perihal iyuran Pramuka di sekolahbelum tentu termasuk pungli. Apabila pungutan tersebut merupakan kesepakatan sekolah, komite dan orang tua serta jelas dilengkapi dengan kwitansi dan rincian pertanggungjawaban yang jelas penggunaan dari iyuran tersebut. Kapolres juga mengajak Pramuka untuk bekerja sama dengan Polres Tanah Datar untuk berperan menjaga kamtibmas dilingkungan sekitar.

Kamabisaka Wira Kartika Kodim 0307/TD yang juga sekaligus unsur Mabicab Letkol Inf Edi Sugianto Harahap, S.Pd, MI.Pol juga hadir memberikan materi umum berkaitan dengan Pramuka setara dengan bela negara. Pendidikan pramuka merupakan bagian dari unsur pembelaan negara. Melalui pramuka keanekaragaman suku, budaya dan agama bersatu dalam pilar NKRI. Kegiatan-kegiatan pramuka seperti survival, navigasi, berlatih fisik merupakan pelatihan yang diberikan kepada prajurit, dan pramuka sudah melakukan hal tersebut.

Selanjutnya diisi dengan materi umum oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Parpora Kakak Deddy Prihatin, S.Kom yang juga menjabat Ketua Dewan Pengawas Keuangan Kwarcab Tanah Datar terkait penggunaan dana hibah oleh Kwarcab Tanah Datar.

Ketua Pelaksana kegiatan Rakercab Kakak Drs. Revoldesman menyebutkan kegiatan rakercab ini berlangsung dua, yakni tanggal 14 s.d 15 September 2018. Dalam raker ini seluruh peserta terbagi atas 4 komisi. Komisi A bidang bina muda dan bina wasa. komisi B bidang Organisasi dan Hukum,  Humas, Abdimas dan Hublu. Komisi C bidang Dewan kerja Cabang dan Dewan Kerja Ranting. Komisi Khusus bidang Rencana Strategis Kwarcab dan kwarran se-Kabupaten Tanah Datar.  (TSP kak Kamba, Tanah Datar)


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 244 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *