Wakil Rektor 1 UNDHARI dilantik menjadi Waka.Kwarcab Dharmasraya

Kamis, 13 Sep 2018 | 11:11:11 WIB


Wakil Rektor 1 UNDHARI dilantik menjadi Waka.Kwarcab Dharmasraya

Pelantikan pengurus Kwarcab 18 Dharmasraya, oleh Bupati selaku Kamabicab Kwarcab 18 Dharmasraya, Rabu 12 September 2018 di Auditorium Dharmasraya dihiasi wajah muda. Beliau dikenal sebagai aktivis pramuka dan akademisi di Universitas anyar di bumi Ranah Cati nan Tigo Dharmasraya, Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI). Amar Salahuddin, M.Pd merupakan Wakil rektor 1 UNDHARI yang diamanahkan sebagai Wakil Ketua Kwarcab Dharmasraya Bidang Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana.

Amar mulai aktif kegiatan Pramuka sejak penggalang SD sampai Pramuka Pandega. Ketika penggalang tahun 2001, Amar mengikuti kegiatan Lomba Tingkat (LT) 3 di Lubuk Batu Sijunjung (Ketika itu masih bergabung dengan Swl Sijunjung) dan terpilih sebagai Juara umum 2. Kemudian 2008 mengikuti Pesta Pramuka Penegak Pandega/ Raimuna Nasional di Cibubur Jakarta. Tidak hanya itu, ketika aktif di gerakan Pramuka Pandega dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Dharmasraya Amar dipercaya sebagai Pimpinan Kontingen Dharmasraya mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel tahun 2011. Sampai perguruan tinggi/mahasiswa Amar tetap aktif di Gudep Pramuka UNP Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang yang pernah diamanahkan sebagai koordinator bidang kegiatan kepramukaan dan bendahara. Selain itu Amar juga dimanahkan sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fak.Bahasa dan Seni UNP.

Setelah tamat kuliah pun semangat menimba ilmu dan pengabdian di pramuka tidak memudar, Amar aktif sebagai pembina pramuka di sekolah, setelah menyelesaikan program Magister tahun 2014 Amar pulang kampung ke Dharmasraya dan mendirikan Gudep di Perguruan tinggi UNDHARI-Racana Dara Jingga sebagai ketua Gudep UNDHARI yang dikenal aktif dan setiap tahun menggelar Lomba Giat Prestasi Pramuka Penegak se-Sumbar, Riau, dan Jambi. Selain itu Amar aktif sebagai Anggota Mabisaka Bhayangkara Polres Dharmasraya.

Dengan segudang prestasi dan pengalaman, pria yang sedang menyelesaikan program S3 Doktor ini selalu semangat berbagi dan optimis mengajak dan mempersiapkan generasi muda khususnya di Dharmasraya menjadi generasi muda yang cerdas, terampil, berkompeten, dan berkarakter akhlak mulia. “Pendidikan, pembinaan, tempaan, dan penggemblengan di Pramuka banyak memberikan kontribusi kepada saya hingga saat ini, semuanya lengkap sudah ada pada Dasa Darma; takwa, peduli, ksatria, patuh, tabah, suka menolong, rajin, trampil, gembira, cermat, bersahaja, disiplin, berani, setia, bertanggungjwab, dapat dipercaya, jujur, sikap serta belajar memimpin dan belajar untuk dipimpin. Karakter tersebut ditanam, dibiasakan, dipelajari, diterapkan, dan saya dapatkan pada pendidikan pramuka. Pokoknya pramuka itu benar-benar keren dan hebat, dan saya bangga sebagai pramuka”Tutup Amar yang sekarang juga menjabat sebagai ketua umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Dharmasraya.


DIUNGGAH : Pramuka Sumbar Dibaca : 560 kali
EDITOR : Pramuka Sumbar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *